Support YM (Panitia)

(BALARAMJBC) BUDAYA MENYATUKAN DUNIA


Dunia memang luas, akan tetapi tak salah bila terkadang orang meluangkan pikirannya tentang dunia yang sempit. Berupa keciri khasanlah, semua yang luas serta semua yang sempit bercampur dengan identitas-identitasnya tersendiri. Indonesia ... bersatu bukan satu-satu. Indonesia, sempit bila terpampang pada peta. Dan akan menjadi mendunia, jika pikiran semua insan Indonesia mendunia.
Berawal dari langkah, satu... dua... tiga .... dan seterusnya, akhirnya terciptalah sebuah inovasi agar terciptanya Indonesia mendunia. Langkah tersebut, bisalah dikatakan atau disebut, BALARAM MENDUNIA. Do you know about BALARAM XXVI? Ok... guys, BALARAM merupakan sebuah event yang berhubungan dengan dunia kepalangmerahan, didesain dengan mengutamakan  sportivitas, inovasi, and sebuah kebersamaan.

Masuk ketema awal, “BALARAM MENDUNIA” . Diliput dari salah satu lomba yang terdapat pada event ini, yakni BALARAM Heritage Carival atau lebih singkatnya, kalian semua boleh manggil “BHC” dehh .... Kita semua tau kok, kalau kalian pada susah ngucap kata yang berbau Jawa tulen gitu, alias Inggris Jawa ..... hehehe 
Oke... mulai serius.

BHC merupakan, sebuah event yang diadakan oleh KSR  Universitas Brawijaya, dengan bertemakan revitalisasi budaya daerah. Dimana para peserta, memperlihatkan semua  ciri khas dari asal kontingen tersebut. Ada makanan, ada juga pakaian adat dari setiap asal kontingen tersebut. Woww... heboh, hot, interesting, aaaannndd amazing.
Cerita berawal dari Jombang, daerah kebanggaan PMR wira SMA Negeri Mojoagung. Ada banyak identitas  Jombang, yaahhh... walaupun agak terpelosok wilayahnya guys. Identitas tersebut antara lain, jenis makanan yang bervariasi dengan rasa yang menggugah lidah, beberapa contohnya adalah,   gupal, Jenang kelapa,Tahu Pong,Tahu Bunder dll. Eh... eh para guys-guys pada penasaran ya tentang identitas-identitas Jombang yang lainnya, okk... akan saya jelaskan. Identitas yang lainnya seperti, Tari remo bolet, dengan kebudayaan Besut and Rusmini, Kebo kicak, Surontanu, dll. Sudah ya guys, tentang Jombangnya. Kalau masih gak nyantol dateng aja ke Jombang City. Oche !!!
Balik ke BALARAM MENDUNIA. Why, BHC disebut juga BALARAM MENDUNIA?
Because, diperlombaan ini semua peserta akan dapat mengetahui ciri khas dari berbagai daerah dari semua kontingen, baik dari segi kuliner maupun kebudayaannya. Interesting?
Nah, dengan kita melihat berbagai kuliner serta menikmati alunan budaya dari berbagai daerah, kita akan merasakan berada di berbagai daerah, tanpa kita harus melangkah langsung kedaerah tersebut. Dengan kata lain, kita akan merasakan NGE-fly guys. Jika kita mengetahui perbedaan dengan sentuhan keindahan ini, maka kita akan dapat mengusai dunia. Dunia tak perlu kita jelajahi, hanya perlulah kita memahami makna tersirat didalamnya.

Oke, semua para guys-guys, ucapkan terimakasih pada semua panitia BALARAM. Sadarlah guys, karena acara BHC inilah, kita dapat mengetahui serta dapat memaknai indahnya, MENDUNIA.


0 Responses So Far: